Artikel

Kegiatan Bulan Bahasa Bali: Nyujur Atma Kertih di Desa Adat Banua

24 Februari 2020 20:32:06  Desa Banua  49 Kali Dibaca  Berita Desa

Senin,  24 Februari 2020, banua.desa.id

Hari ini Senin 24 Februari 2020 bertepatn dengan Rahinan pemacekan agung Desa Adat Banua menyelengarakan festipal dalam Rangka Bulan Bahasa Bali. Kegiatan ini merupakan implementasi dari Visi Nangun Sat Kertih Loka Bali yang satu diantaranya bertujuan mewujudkan kemurnian bhuana alit atau jiwa dari krama Bali atau yang disebut dengan Atma Kertih. 

Acara yang baru pertama di helat oleh Desa Adat Banua ini tidak di isi dengan lomba tapi lebih merupakan festipal.  Acara dimeriahkan oleh penampilan seni tari dan tabuh dari pesraman Desa Adat Banua,  seni mecepat, seni mesatua Bali dari anak anak Desa Banua lintas sekolah dan juga acara utama yaitu festipal Nyurat Aksara Bali yang di ikuti oleh berbagai kalangan. Meski tidak dilombakan para pengisi acara dan peserta nyurat sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut.

Acara ini dihadiri dari unsur Kerta Desa,  Saba Desa,  Pebekel dan Perangkat Desa,  Dewan Guru dan Siswa SDN Banua,  penyuluh Bahasa Bali,  BPD Desa Banua dam tokoh Masyarakat Banua serta Masyarakat Banua. 

I Wayan Sumarta selaku Bandesa Adat Banua dalm sambutannya mengatakan "Warsa puniki tityang ring Desa Adat Banua durung ngelaksanayang pecentokan,  sakewantem ring warsa sane jagi rauh dumogi prasida kacentokang, sakewanten puniki wantah pinake pikamkam mangdane prasida sekadi sane kaaptiang iwawu". Perbekel Banua dalam sambutannya yang juga selaku pejabat yang membuka acara ini secara resmi juga mengatakn hal yang serupa. "Parikrama puniki tityng nunas mangdane nenten wantah pinake parikrame sane kelaksanayang wantah mangdane nginutin ring sane kawajibang sakin pemerintah provinsi sakewanten mangde mejalaran parikrame puniki kramane sami mangda nenten lalinring Basa Bali druwene"  demikian disampaikan I Ketut Tileh Perbekel  Banua yang baru dilantik pada desember 2019 untuk jabatan periode ke duanya. Perbekel banua juga menambahkan "ngiring sikiang pikayun mangdane parikrama sekadi puniki prasida katincapang ring warsa sane jagi rauh, yening prasida mangda kacentokang" . Disela sela acara I Nyoman Kembar Astina selaku penyuluh Bahasa Bali juga mengaku sangat antusias untuk melakukan pembinanaan melalui penyuluhan kepada warga Desa Banua agar kedepan bisa lebih meningkatkan dan melestarikam Bahasa Bali.  "ingih tityang misadya jagi ngemargiang swadarma sane katibakang sakeng Pemerintah Provinsi Bali antuk ngemargiang penguluhan Basa Bali ring Desa iriki". demikian tandas Penyuluh asal Tampaksiring Gianyar ini. red.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Facebook Desa Banua

Peta Desa

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:74
    Kemarin:76
    Total Pengunjung:45.421
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.227.97.219
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Banua-Kintamani
Desa : Banua
Kecamatan : Kintamani
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 80652
Telepon : 03665531324
Email : banua.desa2018@gmail.com

Arsip Artikel

24 Agustus 2018 | 2.658 Kali
Klimatologi dan Hidrologi Desa Banua
26 Agustus 2018 | 2.642 Kali
Sejarah Desa
07 November 2014 | 2.638 Kali
Pemerintahan Desa
26 Agustus 2018 | 2.635 Kali
Wilayah Desa
24 Agustus 2018 | 2.620 Kali
Visi dan Misi
24 Agustus 2018 | 2.604 Kali
Pemerintah Desa
02 Februari 2021 | 600 Kali
PENYALURAN BLT DDS TAHAP PERTAMA DI TAHUN 2021 KEPADA KPM DI DESA BANUA

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Hubungi Kami