Artikel

Visi dan Misi

24 Agustus 2018 10:48:28  Desa Banua  2.890 Kali Dibaca 

Visi dan Misi Perbekel

 Visi 

            Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penyusunan visi Desa Banua ini, dilakukan dengan pendekatan yang partisipatif melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di masyarakat Desa Banua seperti Pemerintah Desa, BPD, LPM, tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga masyarakat desa, perempuan dan pihak-pihak lainnya. Dengan mempertimbangan kondisi Geografis, Demografis, Dan Sosio Kultural di desa Banua maka pembangunan di desa Banua mengcu pada visi pembangunan Desa Banua dalam jangka waktu 6 (enam) tahun adalah sebagai berikut:

”Terwujudnya masyarakat Desa Banua yang BANUA”

(Bersih, Aman, Nyaman, Utuh dan Adil)

 

Sebagai sebuah kata BANUA memiliki makna yang mengandung makna ideal seperti yang dijabarkan sebagai berikut:

Bersih

Merupakan prilaku  hidup masyarakat yang bersih,dimulai dari kebersihan diri sendiri baik prilaku maupun penampilan, keluarga,serta lingkungan,sehingga keberadaan masyarakat Desa Katung  bisa mewujudkan keindahan dan keasrian Desa.

Aman

Merupakan  kehidupan masyarakat yang bersatu dan bersahaja,taat pada tatanan hukum yang berlaku serta taat pada kesepakatan bersama., Memberikan pelayanan kepada masyarakat secara oftimal serta tumbuhnya rasa kehati-hatian dalam setiap langkah demi keamanan dan kenyamanan kita bersama.

Nyaman

Merupakan situasi dimana seluruh masyarakat dan steakholder yang terdapat di desa Banua dapat melaksanakan tugas dan kewajiban sehari secara harmonis antara yang satu dengan yang lainya

Utuh

Mencerminkan kebersamaan antara seluruh masyarakat Desa Banua didalam membangu Desa tanpa ada gesekan yang dapat memecahbelah rasa menyama braya

Adil

Suatu keadaan yang mencerminkan asas pemerataan pembangunan di Desa Banua

 MISI

            Selain Penyusunan Visi juga telah ditetapkan misi-misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh Desa agar tercapainya visi desa tersebut. Visi berada di atas Misi . Pernyataan Visi kemudian dijabarkan ke dalam misi agar dapat di implementasikan / dikerjakan. Sebagaimana penyusunan Visi, Misi pun dalam penyusunannya menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi dan kebutuhan Desa Banua, sebagaimana proses yang dilakukan maka misi Desa Banua adalah :

  • Terlaksananya pelayanan masyarakat yang baik, kondusip, propisional dan optimal dengan mengedepankan aparatur Pemerintah Desa yang bersih, disiplin dan kreatif serta bersahaja.
  • Memberikan pemahaman dan mengoftimalkan partisipasi warga masyarakat dalam mengikuti kerja bakti di lingkungan Desa Banua,sehingga keasrian dan keindahan desa akan terwujud.Disamping itu meningkatkan kwalitas kesehatan masyarakat desa Banua melalui pola hidup sehat dan layanan kesehatan masyarakat.
  • Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan keamanan dan kelestarian lingkungan Desa,dengan mengoftimalkan lembaga keamanan di Desa seperti Linmas dan Pecalang Desa,serta dengan memberikan perhatian pasilitas demi kenyaman dan keamanan Desa Banua.
  • Menumbuh-kembangkan dan meningkatkan roda perekonomian masyarakat desa dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki, baik melalui sektor pertanian, peternakan, dan industri bersekala rumah tangga maupun mengupayakan peluang-peluang wirausaha ekonomi kecil pedesaan.
  • Meningkatkan derajat hidup masyarakat melalui program pendidikan formal dan non-formal bagi anak putus sekolah, program Posyandu, kesehatan Ibu dan Anak serta meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memberikan dukungan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya menuju kehidupan yang lebih baik.
  • Meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Banua melalui peningkatan produktifitas pertanian, perkebunan, peternakan, kerajinan, dan optimalisasi sumber daya alam yang ada di Desa.
  • Melaksanakan program pembangunan Desa bai fisik maupun non fisik dengan tetap mengedepankan pola partisipatif dari masyarakat Desa baik secara kelembagaan maupun tokoh masyarakat

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Facebook Desa Banua

 Peta Desa

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:112
    Kemarin:270
    Total Pengunjung:112.837
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.195.196
    Browser:Tidak ditemukan

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Payangan-Kintamani, Desa Banua
Desa : Banua
Kecamatan : Kintamani
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 80652
Telepon : 03665531324
Email : banua.desa2018@gmail.com

 Arsip Artikel

24 Agustus 2018 | 3.004 Kali
Klimatologi dan Hidrologi Desa Banua
26 Agustus 2018 | 2.917 Kali
Sejarah Desa
07 November 2014 | 2.905 Kali
Pemerintahan Desa
26 Agustus 2018 | 2.895 Kali
Wilayah Desa
24 Agustus 2018 | 2.890 Kali
Visi dan Misi
24 Agustus 2018 | 2.820 Kali
Pemerintah Desa
11 Januari 2022 | 1.474 Kali
LAPORAN REALISASI KEUANGAN DESA BANUA TAHUN 2021

 Hubungi Kami

Hubungi Kami

Hubungi Kami